Minggu, 15 Oktober 2017

Pengertian Sistem Operasi Beserta Fungsinya

Suatu komputer tidak akan pernah lepas dari namanya sistem operasi, tentu saja kita sring mendengar kata sistem operasi jika membicarakn gadget dan komputer. Namun apakah yang di namakan sistem operasi ? Sistem operasi atau yang lebih sering disebut sebagai OS dalam bahasa inggris merupakan salah satu hal yang mesti dipelajari sebagai informasi dasar teknologi informasi terutama bagi mereka yang sering menggunakan komputer dan gadget.Dalam bahasa Inggris, kata sistem operasi disebut dengan OS atau kepanjangan dari operating system.

Pengertian Sistem Operasi
Kumpulan Sistem Operasi


Dalam tulisan kali ini akan kami ulas sedetail mungkin tentang pengertian sistem operasi beserta fungsinya.

Pengertian Sistem Operasi Beserta Fungsinya


Definisi/pengertian dari sistem operasi adalah sebuah software (perangkat lunak)yang bertanggunga jawab mengatur atau mengontrol kerja perangkat keras atau hardware dan menjalankan aplikasi atau software didalam suatu sistem komputer.
Termasuk didalamnya menjalankan sebuah software. Tanpa adanya sistem operasi didalam sebuah komputer, pengguna tersebut tidak dapat untuk menjalankan berbagai macam program aplikasi yang ada pada komputer mereka, kecuali hanya program booting.

Bisa di simpulkan sistem operasi adalah sistem yang mengendalikan operasi dasar dan memastikan sistem dalam komputer dapat berjalan dengan semestinya. Sistem operasi memungkinkan suatu aplikasi dapat berfungsi sehingga sistem operasi juga disebut sebagai essential component. Komputer dan sistemnya hanya dapat berfungsi dengan adanya sistem operasi kecuali jika komputer sedang dalam keadaan booting.

Bagian-Bagian Sistem Operasi


Secara umum, sistem operasi komputer terdiri dari bagian bagian sebagai berikut :

  • Kernel yaitu suatu inti dari sistem operasi.
  • Command Interpreter atau shell memiliki tugas untuk membaca input dari pengguna.
  • Mekanisme Boot ialah menyimpan sebuah kernel ke dalam tempat penyimpanan.
  • Sebuah Driver yang berfungsi untuk melakukan komunikasi dengan hardware eksternal lainnya dan sekaligus untuk mengatur hardware tersebut.
  • Pustaka-pustaka yang bertugas untuk menyediakan fungsi-fungsi dasar serta standar yang dapat untuk dipanggil oleh software lain.

Fungsi Sistem Operasi


Salah satu Fungsi dari sistem operasi ialah sebagai roda atau penghubung software dengan hardware serta berfungsi untuk menjalankan berbagai macam perintah penting yang ada dalam komputer. Sistem operasi juga berfungsi untuk menjalankan software dengan lancar. Ada banyak fungsi Sistem operasi, di bawah ini sudah kami susun Fungsi Sistem operasi :

Fungsi Sistem Operasi Secara Umum


  1. Sistem Operasi komputer berfungsi sebagai ruang install sebuah aplikasi, maka dari itu aplikasi yang telah diinstal, tidak dapat diinstal di luar sistem operasi.
  2. Sistem Operasi komputer berfungsi sebagai mediator (penengah atau penghubung) antara perangkat keras komputer (hardware) dengan perangkat lunak komputer (software).
  3. Sistem Operasi membuat komputer menjadi lebih mudah dan menarik serta nyaman untuk digunakan.
  4. Sistem Operasi komputer berfungsi sebagai penerjemah yaitu akan melakukan proses penerjemahan bahasa program tertentu untuk kemudian ditampilkan ke layar monitor berupa kombinasi grafis dan teks.
  5. Sistem Operasi yang disusun/diprogram sedemikian rupa memungkinkan menerima perubahan/pengembangan baru yang efektif dan efisien, dapat melakukan pengujian sistem tanpa mengganggu layanan yang telah ada.
  6. Sistem Operasi memungkinkan sumberdaya komputer digunakan secara efisien dan efektif baik untuk mengelola hardware maupun software aplikasi yang terdapat pada komputer.

Fungsi Sistem Operasi Secara Khusus


  1. Coordinator, yaitu sistem operasi berfungsi untuk mengkoordinasi dan menyediakan fasilitas sehingga aktifitas yang kompleks dapat diatur dan proses secara berurutan.
  2. Resource Manager yaitu sistem operasi berfungsi sebagai pengelola sumber daya dan mengalokasikannya. Misalnya memori, cpu, disk drive dan perangkat lainnya.
  3. Guardian, yaitu sistem operasi berfungsi untuk menyediakan akses kontrol dengan tugas melindungi file dan mengawasi data dan program
  4. Interface/tatap muka, yaitu sistem operasi berfungsi sebagai perantara antara pengguna dengan perangkat keras dengan menyediakan tampilan kepada pengguna yang lebih mudah dipahami dan bersahabat (user friendly).
  5. Accountant, yaitu sistem operasi berfungsi untuk mengatur waktu CPU, penggunaan memori, pemanggilan I/O, disk storage, dan waktu koneksi terminal
  6. Gate Keeper, yaitu sistem operasi berfungsi untuk mengendalikan hak akses pengguna dalam mengendalikan yang berhak masuk ke dalam sistem dan mengawasi apa saja yang dilakukannya.
  7. Optimizer, yaitu sistem operasi berfungsi sebagai penjadwal masukan (input) oleh user, pengaksesan basis data, proses komputasi dan penggunannya.
  8. Server yaitu sistem operasi berfungsi untuk melayani pengguna komputer

Contoh Sistem Operasi


Ada banyak sistem operasi yang di pakai gadget sperti komputer, android dan lainnya, diantaranya :

Windows
Windows adalah diantara sistem operasi yang sering di gunakan. Sistem operasi Windows merupakan sistem operasi komputer yang dikembangkan oleh perusahaan bernama Microsoft Corporation. Sistem operasi Windows memakai tampilan antar muka bergrafis atau GUI (Graphical User Interface). Sebelumnya Windows masih menggunakan Ms-Dos.

Linux
Sistem operasi Linux yang berbasis pada standar sistem operasi yaitu POSIX dan merupakan turunan dari UNIX.

Macintosh
selanjutnya contoh sistem operasi adalah Macintosh. Macintosh adalah sistem operasi yang di buat khusus dan dapat dipakai oleh computer Macintosh. Macintosh ini dibuat oleh perusahaan Apple. Karena Macintosh sudah dirancang khusus, sehingga Macintosh tidak cocok untuk dipakai pada komputer yang berbasis IBM. Sistem operasi ini adalah yang pertama yang memakai GUI (Graphical User Interface).

Symbian
Sistem operasi Symbian adalah milik perusahaan Symbian Ltd. Sistem operasi Symbian ini di buat untuk peralatan seperti handphone.

Android
Sistem operasi android sudah sangat terkenal di dunia. sistem operasi milik google ini khusus dirancang untuk mobile atau ponsel.

Chrome OS
Goolge menciptakan sistem operasi Chrome OS. Chrome OS memiliki kelebihan, yaitu ringan serta berbasiskan Linux dan juga standard web untuk PC atau personal computer. Google Chrome sendiri bekerja dengan menggunakan metode switching atau Multi-Tasking, Windowing . Sistem operasi Chrome OS memakai standard web HTML 5, yang mana merupakan pengembangan dari sebuah software di browser yang berbasis OS atau Sistem Operasi.

Demikian artikel  Pengertian Sistem Operasi Beserta Fungsinya, semoga bermanfaat bagi anda semua.


EmoticonEmoticon