Minggu, 22 Oktober 2017

Macam-Macam Hardware dan Fungsinya Beserta Gambarnya

Macam-Macam Hardware dan Fungsinya Beserta Gambarnya -  Bagi beberapa orang komputer merupakan keperluan pokok, apalagi untuk mereka yang sering kali kesehariannya dalam bidang teknologi informasi. Komputer sangatlah penting untuk mereka baik itu untuk pekerjaan, hiburan, atau barangkali hal lainya. Oleh sebab itu,tidak jarang dari mereka yang memiliki komputer individu di rumahnya.

Meskipun demikian masih banyak dari mereka yang tidak tahu menahu apa saja Macam-Macam Hardware Komputer. Karena banyak sekali dari mereka cuma asal menggunakan tidak maau tahu lebih lanjut. Nah, oleh sebab itu, disini saya bakal memberikan sejumlah informasi tentang apa saja macam macam hardware komputer yang biasa anda temui. Mungkin sesudah kita memahami secara pelan pelan tentang Hardware Komputer, anda pun akan terasa terbantu andai terjadi permaslahan yang terjadi.

Macam-macam hardware komputer


Macam-Macam Hardware



Secara kasat mata, Komputer terdiri dari sejumlah komponen yang juga merupakansuatu sistem. Berdasarkan fungsinya, hardare ( keras komputer ) dipecah menjadi :

1. input divice (unit masukan)

2. Process device (unit Pemrosesan)

3. Output device (unit keluaran)

Hardware input


Hardware input ialah sebuah hardware yang berfungsi sebagai pemasukan data contohnya mouse,keyboard dan scanner.

a. Keyboard

Keyboard adalahunit input yang sangat penting dalam pengolahan data dengan komputer. Keyboard dapat bermanfaat memasukkan huruf, angka, karakter eksklusif serta sebagai media untuk user (pemakai) untuk mengerjakan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, sperti menyimpan file dan membuka file.
gambar-211.jpgkeyboard qwerty

Jenis-Jenis Keyboard :

1.) QWERTY

2.) DVORAK

3.) KLOCKENBERG

Keyboard yang seringkali dipakai ialah keyboard jenis QWERTY, yang bentuknya ini serupa seperti tuts pada mesin tik. Keyboard QWERTY mempunyai empat bagian yakni :

1. typewriter key

2. numeric key

3. function key

4. special function key.

b. Mouse

Mouse ialah salah unit masukan (input device). Fungsi perangkat ini ialah untuk eksodus pointer atau kursor secara cepat. Di samping itu, bisa sebagai perintah praktis dan cepat dibanding dengan keyboard. Mouse mulai dipakai secara maksimal semenjak sistem operasi sudah berbasiskan GUI (Graphical User Interface). sinyal-sinyal listrik sebagai input device mouse ini didapatkan oleh bola kecil di dalam mouse, cocok dengan pergeseran atau pergerakannya. Sebagian besar mouse terdiri dari tiga tombol, umumnya cuma dua tombol yang dipakai yaitu tombol kiri dan tombol kanan. Saat ini mouse dilengkapi pula dengan tombol penggulung (scroll), dimana letak tombol ini terletak ditengah. Istilah penekanan tombol kiri dinamakan dengan klik (Click) dimana penekanan ini akan bermanfaat bila mouse berada pada objek yang ditunjuk, namun bila tidak berada pada objek yang ditunjuk penekanan ini bakal diabaikan.

Hardware Processing


Hardware Processing ialah sebuah hardware yang bisa memproses data apapun bentuknya contohnya mainboard, processor, RAM, HDD, VGA card, power supply dan DVD-RAM.

Mainboard adalah papan induk penghubung seluruh alat penghubung seluruh hardware processing dari processor hingga DVD-RAM.

Processor ialah hardware yang dapat memproses data dalam format apapun. processor bisa dihitung kemampaunnya dengan cara mengukur kecepatan porcessor tersebut bekerja dalam satuan Hertz(Hz).
Processor2 Processor

RAM adalah suatu hardware yang bermanfaat sebagai sarana penyimpanan smentara yang prinsipnya andai komputer hidup, data yang sedang diproses bakal terus diproses, andai komputer dimatikan data ynag diproses bakal hilang karena mempunyai sifat remanen/sementara.

HDD ialah hardware penyimpana dalam ukuran yang paling besar dan berguna menyimpan data apa saja. saat ini ukuran terbesar dari HDD ialah 1.5 TB/1500 GB.

VGA card ialah hardware yang bermanfaat untuk memproses data grafis misalkan dalam bermain game VGA card itu memproses grafis yang terdapat dalam game tersebut.

Power supply sebuah hardware yang berfunsi sebagai penyaluar aliran listrik yang berada didalam komputer seandainya hardware yang berada didalam komputer tidak dialiri listrik maka sebuah PC tidak dapat menyala.

DVD-RAM ialah hardware yang bermanfaat untuk mencatat dan membaca kepingan CD maupun DVD kemapuannya bisa diukur dengan cara melihat kecepatan baca dan tulis dari DVD-RAM itu misalkan 40X kecepatan baca dan tulis diDVD dan 52X kecepatan baca dan tulis diCD.

Hardware Output


Hardware yang memperlihatkan hasil data berbentuk gambar, suara dan selembar kertas. Contoh dari hardware output ialah monitor,speaker dan printer.


Monitor ialah hardware yang berfungi untuk memperlihatkan suatu gambar hasil proses. Tipe monitor kini ada 2 yakni CRT dan LCD. CRT ( cathode ray tube )adalah monitor yang berprinsip memakai laser-laser warna dalam suatu tabung, makannya monitor CRT tersebut cendrung panjang kebebelakang. LCD(liquid crystal display)adalh monitor yang berprisip mengunakan cairan kristal untuk menyusun suatu gambar.

Speaker ialah hardware yang bermanfaat untuk memperlihatkan data berbentuk suara.

Printer ialah hardware yang berfunsi untuk mengalihkan data dari komputer ke kertas.

Plotter adalahperangkat keluaran yang bisa menghasilkan grafik atau gambar dengan kualitas tinggi dan berwarna. Plotter sering dipakai untuk membuata peta, ilustrasi tiga dimensi, dan gambar-gambar arsitektur. Beberapa merk plotter yang saya ketahui yaitu, Canon, HP, Epson, dan Compaq.

Flashdisk adalahmedia penyimpanan yang mempunyai kapasitas tertentu dari 128 MB, 256 MB, 512 MB, 1 GB, 2 GB, 4 GB, 8 GB hingga 16 GB. Flash disk bekerja pada sistem oprasi Windows ME, Windows 10,8,7, Windows XP, Mac OS, Linux, dll. Beberapa merk Flashdiks antara lain, yakni : Kingstone, Adata, HP, dan MiVo.


Demikianlah informasi mengenai macam-macam hardware dan fungsinya beserta gambarnya, semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon