Minggu, 01 Oktober 2017

Memahami dasar - dasar dan Pengertian Processoar dengan Mudah

Pengertian Processor




Processor atau Microprocessor ialah sebuah perlengkapan keras yang menjadi benak sebuah komputer dan bilamana PC tanpa processor maka PC tidak bisa dijalankan. Processor sering pun disebut sebagai pusat pengendali atau benak komputer yang didukung oleh komponen lainnya. Processor adalahsuatu IC yang mengontrol borongan jalannya suatu sistem komputer dan dipakai sebagai pusat atau benak dari komputer yang bermanfaat untuk mengerjakan perhitungan dan menjalankan tugas.

Letak suatu Processor ialah pada socket yang sudah disediakan di bagianmotherboard, Processor bisa diganti dengan processor yang beda asalkan processor tersebut cocok dengan socket yang terdapat pada motherboard.

Banyak merk prosesor yang beredar dipasaran diantaranya Intel, AMD, IBM, Apple, Cyrix VIA, dan IDT. Namun terdapat 2 Perusahaan yang tekenal di dunia sebagai developer processor guna PC yakni AMD dan Intel.

Processor pun mempunyai tugas membagi kegiatan pemrosesan data untuk seluruh komponen komputer, dan ini dilaksanakan dalam kecepatan yang paling tinggi. Oleh karena tersebut processor menjadi paling panas sehingga seringkali dilengkapi dengan kipas pendingin.

Umumnya pengertian processor ataupun tidak jarang disebut benak komputer, secara jelasnya prosesor ialah sebuah IC yang mengontrol borongan jalannya suatu sistem komputer dan dipakai sebagai pusat atau benak dengan faedah melakukan perhitungan dan menjalankan tugas.

Letak prosesor ini ada di motherboard, nah ketika pemilihan motherboard mesti dicocokkan dengan jenis soket dari prosesornya misal untuk proscessor intel terdapat soket LGA maka cari motherboard dengan soket LGA pun dan proscessor AMD terdapat AM3+ maka mesti disesuikan juga.

Namun ada urusan terpenting yang tidak jarang kali terlupakan yakni nilai TDP prosesor mesti cocok dengan motherboardnya laksana sudah saya kupas di tips menciptakan komputer rakitan. Prosesor pun sering dinamakan “Microprosessor”. Bagian terpenting dari prosesor merupakan:

  1. Aritcmatics Logical Unit (ALU) : Melakukan seluruh perhitungan aritmatika (matematika) yang terjadi cocok dengan intruksi program.
  2. Control Unit (CU) : Pengatur kemudian lintas data laksana input, dan output.
  3. Memory Unit (MU) : Alat penyimpanan kecil yang memiliki kecepatan akses lumayan tinggi.

Sejarah Processor


Pada tahun 1971, komponen yang dinamakan sebagai mikroprocessor guna kesatu kalinya diciptakan oleh semua teknisi dari perusahaan elektronik Intel. Mikroprosesor ialah sebuah IC (Integrated Circuit) yang dipakai sebagai otak/pengolah utama dalam suatu sistem komputer. Chip itu diberi nama Intel 4004 dan didesain oleh Ted Hoff, Federico Faggin, dan Stan Mazor.

Berikut adalahgaris besar sejarah pertumbuhan microprocessor :

Pengertian processor – Sejarah Processor


  • Pada tahun 1971, Intel mengenalkan mikroprocessor kesatu di dunia, 4-bit 4004,yang didesain oleh Federico Faggin.
  • Pada tahun 1974, Intel mengenalkan processor 8-bit 8080, dengan4.500 transistor yang mempunyai kinerja 10 kali pendahulunya.
  • Pada tahun 1980, Intel mengenalkan 8087 math co-processor.
  • Pada tahun 1982, Intel mengenalkan processor 16-bit 80286 dengan 134.000 transistor.
  • Pada tahun 1985, Intel terbit dari bisnis RAM dinamis untuk konsentrasi pada mikroprocessor, dan kesudahannya ia menerbitkan processor 80386, suatu chip 32-bit dengan 275.000 transistor dan keterampilan menjalankan sekian banyak macam program sekaligus.
  • Pada tahun 1998, Intel mengenalkan processor Celeron.
  • Pada tahun 2004, AMD mempertontonkan x86 dual-core processor chip.
  • Pada tahun 2005, Intel memasarkan processor Dual-Core kesatunya.
  • Pada tahun 2006, Intel mengenalkan processor core 2 duo.
  • Pada tahun 2007, Intel mengenalkan processor core 2 quad.

Dalam perkembangannya processor terbagi menjadi sejumlah tahap-tahap diantaranya :

  • Microprocessor 4004 (1971)
  • Microprocessor 8008 (1972)
  • Microprocessor 8080 (1974)

  1. Generasi Pertama (processor 8088 dan 8086)
  2. Generasi Kedua (processor 80286)
  3. Generasi Ketiga (processor 80386 DX dan 80386 SX)
  4. Generasi Keempat (80486 DX, 80486 SX, Cyrix 486SLC, dan IBM 486SLC2)
  5. Generasi Kelima (Cyric 6×86, AMD, AMD K5, Pentium MMX, IDT Winchip, AMD K6, Cyric 6×86 MX, dan AMD K6-2.)
  6. Generasi Keenam (Pentium II, Celeron A:Medocino, Celeron PPGA:Socket 370, Xeon, AMD K6-3, dan Katmai.)
  7. Generasi Ketujuh (AMD K7 Athlon)
  8. Generasi Kedelapan (Intel core 2 duo, Conroe, Conroe XE, AMD Athlon 64, dan Pentium 4 Prescott.)
  9. Generasi Kesembilan (Intel core i3, Intel core i5, Intel core i7.)

Pengertian Processor – Fungsi Processor

Fungsi Processor dan Bagiannya terdiri dari tiga unsur utama yakni :

1. Control Unit (CU)

Semua perlengkapan pada sistem komputer dikendalikan dan ditata oleh unsur ini. Perpindahan data dari kenangan utama dieksekusi di unsur CU ini. Untuk lantas dikirim pulang hasilnya ke kenangan utama. Setelah tersebut layar monitor akan memperlihatkan hasil outputnya atau harddisk bakal menyimpan data hasil olahan tersebut.

2. Arithmatic and Logical Unit (ALU)

Perhitungan matematika / aritmatika semuanya dilaksanakan pada Bagian ALU ini, tanpa terkecuali. Di samping itu, bilamana program / aplikasi yang sedang kita pakai mengalami masalah maka bakal ada Informasi Peringatan Kesalahan (Error Warning) yang tampil di monitor, yang kesemuanya itu dilaksanakan di unsur ALU ini. Intinya, unsur ALU ini adalahbagian LOGIKA (pengambil keputusan).

3. Registry (Register)

Register adalahtempat ngantri data-data yang bakal diproses, sebelum data itu masuk ke kenangan utama. Walaupun unsur ini adalahmedia penyimpanan kecil tetapi mempunyai kecepatan akses tinggi.

Tambahan : terdapat perbedaan letak kaki socket prosessor pada seri prosessor soket 478 (pentium 4) dan pada prosessor soket LGA 775. Prosessor soket LGA 775 ada pada dudukan di mainboardnya.

Fungsi Processor sangat berpengaruh dan utama, karena tanpa Processor maka komputer sama saja seperti insan yang kehilangan otaknya. Sebab pada processor itulah seluruh pengendalian dan pemrosesan terjadi. Bedanya processor dengan benak yaitu processor hanya bermanfaat sebagai pemroses data saja, lantas data tersebut diantarkan ke kenangan utama kembali. Processor tidak dapat menyimpan data laksana halnya benak manusia.

Pada umumnya manfaat processor (prosesor) ialah hanya guna memproses data yang diterima dari masukkan atau di input, lantas akan menghasilkan pengeluaran berupa output.

prosesor tidak bisa bekerja sendiri tetapi membutuhkkan sokongan maupun terus bersangkutan dengan komponen lain khususnya hardisk dan RAM. Dalam memproses suatu data dapat dilaksanakan dengan masa-masa proses cepat atau lambat tergantung kecepatan prosesor tersebut.

Saat ini kecepatan processor yang sangat tinggi terdapat di kecepatan 4 Gigahertz (GHz) dengan kata lain dapat menyimak 4000 miliar perintah dalam sekali pengerjaannya, adalahangka luar biasa dalam pertumbuhan tekhnologi didunia. Bagi semua gamer, tentu sudah tak asing dengan istilah, “greater processor, greater gaming experience”, sebab sebuah game tentu sangat dominan dengan kapasitas prosesor suatu komputer.

Untuk segi developer atau perusahaan khusus buatan prosesor terdapat 2 perusahaan familiar yaitu intel dan AMD. Dari 2 perusahaan inilah tidak sedikit membanjiri pasaran processor. Produk ke2nya pasti memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing. Ada yang bilang bila ketahanan guna di gunakan berjam-jam maupun berhari-hari intel lebih bisa diandalkan sedangkan untuk para gamers AMD jadi pilihannya sebab lebih baik dalam memproses grafik.

Cara Kerja Processor

Adalah menjalankan sekumpulan intruksi mesin yang memberitahu processor apa saja yang mesti dilakukan, menurut instruksi itu, processor mengerjakan 3 (tiga) urusan dasar diantaranya:

– Menggunakan ALU (Arithmetic Logic Unit) yakni untuk mengerjakan operasi matematis laksana pengurangan, penambaghan, perkalian dan pun pembagian. Mikro processor canggih berisi floating point unit yang dapat mengerjakan operasi-operasi yang paling kompleks pada angka yang lumayan besar.

– Lalu mengalihkan data dari satu tempat memori ke tempat yang lainnya.

– Mengambil keputusan serta melompat ke instruksi lain cocok keputusan tersebut.

Sederhananya teknik kerja prossesor intinya merupakan menerima umpan ataupun perintah masuk (inpot) baik dari mouse, keybord atau perangkat penginput data yang lainnya yang terhubung, lalu lantas menerjemahkan atau memproses data-data perintah itu untuk lantas mengeluarkan atau meneruskan outputnya ke hardware ataupun aplikasi bersangkutan.

Ketika processor bekerja maka tidak dapat terlepas dari komponen/peralatan penyokong lainnya laksana Harddisk dan Memory (RAM). Ketiga bagian itu akan terus saling terhubung satu sama beda dalam memproses sebuah data. Fungsi Processor diibaratkan laksana otaknya komputer, yang bakal memerima data lantas memprosesnya kemudian outputnya dikirim pulang ke memory atau juga harddisk.

Sebenarnya bahasa / kalimat yang dikenali oleh processor melulu angka 0 dan 1. Dua angka tersebut saja. Disebut pun bahasa mesin / bilangan biner (01011001). Angka 0 ditafsirkan dengan tidak adanya sinyal listrik, dan angka 1 ditafsirkan dengan adanya sinyal listrik.

Pengertian Processor - Macam Macam Processor Dengan Barbagai Merek


1. Intel
adalah suatu processor mikro produksi dari intel corporation yang sering dipakai pada CPU pada tidak sedikit komputer pribadi.pada perkembanganya produsen intel mengeluarkan tidak sedikit versi yang adalahperbaikan dari versi sebelumnya.
Keunggulan Intel yaitu lebih tahan lama/tidak cepat panas,intel lebih baik dipakai untuk menyokong proses kerja laksana office bukan guna game.

Processor intel antara beda sbb:


Intel pentium III,processor ini kompatibla dengan seluruh aplkasi yang dinstal pada DOS,Windows,OS/2,dan Linuk.kecepatan maksmumnya menjangkau 1.4 GHz.
Intel pentium IV,adalah mikroprosesor yang diciptakan oleh intel corp. yang dirilid pada November 2000. kecepatanya 20X lebih cepat dari Intel pentium III.
Intel Core TM 2 Duo,processor ini dikeluarkan oleh Intel pada Juli tahun 2006.processor ini terbukti lebih efsien dibanding versi yang sebelumnya.kecepatnya hingga 2.4 GHz.
Intel Core TM 2 Quad,processor ini adalahpenggabungan dari 2 processor Core 2 Duo ber-cache L2 4 MB,sehingga core 2 Quad mempunyai cache L2 sebesar 8 MB(2×4 MB).
Intel i7,pada processor ini memory controller terletak pada pudat processor tersebut sendiri.fitur lainya ialah penambahan SSE4 pada instruction set,sehingga kinerja processor multimedia menjadi lebih baik.

2. AMD
adalah suatu mikroprosesor terbesar kedua didunia sesudah intel corporation. AMD menjadi pesaing utama intel dalam pertumbuhan processor dalam duniainternasional.

keunggulan AMD dikomparasikan processor beda .
-Hyper Transport Teknologi penggandaan Bus pada jalur system sampai-sampai data yang diantar lebih tidak sedikit karena kemudian lintasnya lebih cepat.
– Enhanced Virus protection (EVP), Teknologi yang memungkinkan processor guna mengenali virus dan sejenisnya sampai-sampai komputer lebih terproteksi lebih aman.
-AMD 64 technology,teknologi yang dipakai untuk menjalankan software yang berbasis 64bit.

Macam processor AMD


AMD phenom II processor
AMD sempron processor
AMD anthlon II processor in-a-box
AMD anthlonx2 dual-core-processor
AMD A-series in-a-box

3. Cyrix

adalah suatu mikroprocessor yang didirikan pada tahun 1988 di Richardson,Texas sebagai pemasok spesialis performa tinggi matematika coproprocessor guna 286 dan 386 mikroprocessor.
Generasi cyrix antara lain

  1. Cyrix 486SLC,bekerja internal 32bit,eksternal 16bit dan RAM 16mb
  2. Cyrix MediaGX dengan kecepatan 120-200 Mhz
  3. Cyrix 6×86 dengan kecepatan 110-150 Mhz
  4. Cyrix M2 dengan kecepatan 180-233 Mhz
  5. Cyrix C3 dengan kecepatan 500-733 Mhz

Namun pada perkembanganya Cyrix processor kalah berlomba dengan AMD dan Intel Processor.

Itulah artikel terkait pengertian processor secara mendalam, meskipun artikel pengertian processor ini tidak begitu lengkap, saya harap pembaca dalam memahami apa kandungan dari isi artikel pegertian processor ini.


EmoticonEmoticon