Sabtu, 28 Oktober 2017

Cara Membuat Nomor Halaman Di Word

Assalamu’alaikum semuanya, selamat pagi dan selamat datang di blog saya yang jelek ini, setelah pembahasan kemarin tentang cara membuat cover buku, sekarang saya ingin membagikan bagaimana cara membuat nomor halaman di microsoft Word.

Dalam membuat sebuah buku, skripsi, koran, makalah dan lain sebagainya, nomor halaman akan sangat berguna bagi pembaca. Sehingga pembaca tahu nomor berapakah halaman tersebut ketika ingin di buka lagi.

Dan juga penomoran halaman sangat di butuhkan dalam mengisi daftar isi. ( baca : cara membuat daftar isi ). Oleh karena itu penomoran ini sangat urgen sekali dalam penulisan halaman buku, skripsi, makalah, dan lainnya.

Cara Membuat Nomor Halaman Di Word


Lalu bagaimana cara membuat nomor halaman ?
Cara nya mudah, kamu ikuti langkah langkah cara membuat nomor halaman di word di bawah ini :

  • Pertama buka microsoft word kamu
  • Kemudian bukan halaman baru ( blank document)
  • Dan atas bar pilih “INSERT” dan cari “PAGE NUMBER”


Cara Membuat Nomor Halaman Di Word
Pilih INSERT kemudian pilih PAGE NUMBER


  • Disitu kamu bisa menentukan di bagian mana nomor di letakan, baik di bawah atau di atas. Kemudian kamu juga bisa mengatur posisi nomor nya apakah di kiri atau di kanan atau di tengah.
  • Kamu juga bisa mengatur penomoran halamannya, misalkan kamu ingin penomoran dengan angka romawi, caranya kamu klik PAGE NUMBER dan pilih “FORMAT PAGE NUMBER”.


Cara Membuat Nomor Halaman Di Word
Pilih FORMAT NUMBER


  • Maka akan keluar jendela baru, lalu ganti format number ke romawi.
  • Lihat gambar


Cara Membuat Nomor Halaman Di Word
Atur bentuk nomor di NUMBER FORMAT

  • Kemudian klik OK.
  • Selesai, sekarang halaman kamu sudah terisi dengan nomor, baik di header ataupun foster.



Penomoran halaman ini akan berlanjut sampai tulisan kamu rampung, maksudnya jika kamu mengatur nomor halaman dengan angka romawi, maka dari awal sampai akhir tulisan penomoran akan menggunakan romawi semuanya.

Dan juga jika pengaturan awal kamu posiskan nomor halaman di tengah , maka dari awal sampai akhir nomor akan berada di tengah.

Jika kamu ingin mengatur bagaimana cara membuat nomor halaman berbeda posisi, misalkan halaman pertama nomor disebelah kanan, pada halaman kedua kamu ingin memberi nomor di sebelah kiri. Kamu bisa baca di cara membuat “PAGE NUMBER” berbeda posisi.

Demikianlah artikel Cara Membuat Nomor Halaman Di Word, semoga artikel ini dapat membantu anda dalam membuat sebuah karya tulisan kamu. salam Komputer Jagat


EmoticonEmoticon