Minggu, 01 Oktober 2017

Pengertian Motherboard yang wajib di ketahui

Pengertian Motherboard - Motherboard adalah papan sirkuit tercetak utama  di komputer. Motherboard adalah titik pusat komunikasi komunikasi utama komputer, di mana semua komponen dan perangkat eksternal terhubung.

Pengertian Motehrboard


Papan sirkuit besar motherboard mungkin mencakup 6-14 lapisan serat kaca, jalur penghubung tembaga dan bidang tembaga untuk isolasi kekuatan dan sinyal. Komponen tambahan bisa ditambahkan ke motherboard melalui slot ekspansi. Ini mungkin termasuk soket prosesor, slot DIMM , HTX, PCI , PCIe dan M.2 serta koneksi catu daya. Biasanya motherboard menawarkan konektivitas tambahan melalui chip Southbridge seperti PCI, SATA, Thunderbolt, USB dan lainnya. CPU ke RAM dan PCIe umumnya dihubungkan melalui interkoneksi point-to-point seperti hypertransport (HT), interkoneksi jalur cepat (QPI) atau interkoneksi Ultrapath (UPI). Seringkali, memilih motherboard menentukan banyak fitur yang dimiliki desktop.

Desain motherboard yang paling umum di komputer desktop saat ini adalah ATX , sebuah perbaikan Intel pada desain AT oleh IBM. Faktor bentuk lainnya termasuk ATX mini-ATX, microATX, BTX, microBTX mini ITX, micro ITX dan ITX mini.

Integrasi komponen telah menghilangkan chip Northbridge yang mengelola memori dari motherboard. Dengan munculnya pengendali memori yang terpasang pada CPU, video terintegrasi juga telah berpindah dari motherboard ke CPU. Pada Ryeba baru AMD , bahkan Southbridge adalah opsional karena sifat CPU (sistem pada chip) CPU. Integrasi ini ke dalam CPU mengurangi biaya bagi produsen motherboard yang ingin menawarkan sistem dasar untuk workstation dan komputer entry level sementara juga memungkinkan implementasi yang sangat disesuaikan yang mendukung berbagai prosesor untuk memungkinkan upgrade platform.

Pengertian Motherboard


Motherboard adalah jantung komputer. Motherboard adalah papan sirkuit tercetak utama yang ada di komputer yang memegang komponen elektronik utama dari sistem seperti unit pengolah pusat dan memori dan juga menyediakan konektor untuk periferal penting lainnya. Motherboard adalah sistem besar dengan sendirinya yang berisi sejumlah subsistem seperti prosesor dan komponen lainnya. Fungsi dasar motherboard yang digunakan di komputer adalah memegang komponen elektronik penting dari sistem termasuk memori dan unit pemrosesan pusat dan membantu dalam membangun semacam koneksi jembatan antara komponen internal sistem lainnya. Artikel yang ditulis dengan baik tentang bagian dan fungsi motherboard ini akan memberi Anda lebih banyak informasi tentang semua bagian penting dari sebuah motherboard dan fungsi yang dilakukan oleh bagian-bagian ini secara tepat.

Pemahaman komponen dan fungsi motherboard juga penting jika Anda ingin bisa mendesain komputer Anda sendiri. Sebagai motherboard adalah bagian terpenting dari sebuah sistem komputer, memahami komponen dan bekerja dengan baik sangat penting untuk bisa merancang dan membangun komputer sendiri. Kursus tentang bagaimana membangun komputer akan membantu Anda dalam memahami pentingnya motherboard dalam sistem komputer dan akan memberi Anda semua informasi tentang membangun sistem komputer Anda sendiri.

Disini kita akan belajar tentang berbagai jenis motherboard yang tersedia. Kita akan membahas masing-masing jenis ini secara rinci dan akan melihat bagaimana semua ini berbeda satu sama lain. Mari kita mulai diskusi kita tentang berbagai jenis motherboard.

Pengertian Motherboard - Jenis Jenis Motherboard


1. AT Motherboard

Motherboard AT adalah motherboard yang memiliki dimensi urutan sekitar seratus milimeter, cukup besar sehingga tidak muat di desktop mini. Dimensi motherboard ini menyulitkan drive baru untuk dipasang. Konsep enam colokan dan soket pin digunakan agar bisa berfungsi sebagai konektor daya untuk jenis motherboard ini.

Sulit untuk membedakan soket konektor daya menyulitkan banyak pengguna untuk dengan mudah melakukan koneksi yang benar dan dengan demikian menyebabkan kerusakan perangkat.

Diproduksi pada pertengahan tahun 80-an, motherboard ini bertahan dalam rentang yang bagus dari Pentium p5 sampai Pentium 2 mulai digunakan.

2. Motherboard ATX

Teknologi canggih yang diperluas, atau dikenal sebagai ATX, adalah motherboard yang diproduksi oleh Intel pada pertengahan tahun 90an sebagai perbaikan dari motherboard yang sebelumnya bekerja seperti AT.

Motherboard jenis ini berbeda dari rekan AT mereka dengan cara motherboard ini memungkinkan pertukaran bagian yang terhubung. Apalagi dimensi motherboard ini lebih kecil dari pada motherboard AT dan dengan demikian tempat yang tepat untuk drive bay juga diperbolehkan.

Beberapa perubahan bagus juga dilakukan pada sistem penghubung board. Motherboard AT memiliki konektor keyboard dan pada pelat belakang, slot ekstra disediakan untuk berbagai add-on.

3. Motherboard LPX

Motherboard ekstensi profil rendah, yang lebih dikenal dengan motherboard LPX, diciptakan setelah papan AT di tahun 90an.

Perbedaan utama antara papan ini dan sebelumnya adalah bahwa port input dan output pada papan ini hadir di bagian belakang sistem. Konsep ini terbukti bermanfaat dan juga diadopsi oleh papan AT dalam versi yang lebih baru. Penggunaan kartu riser juga dibuat untuk penempatan beberapa slot lagi. Tapi kartu riser ini juga menimbulkan masalah bahwa aliran udara tidak tepat.

Juga, beberapa papan LPX berkualitas rendah bahkan tidak memiliki slot AGP yang sebenarnya dan hanya terhubung ke bus PCI. Semua aspek yang tidak menguntungkan ini menyebabkan kepunahan sistem motherboard ini dan digantikan oleh NLX.

4. Motherboard BTX

BTX adalah singkatan dari Balanced Technology.

BTX dikembangkan untuk mengurangi atau menghindari beberapa masalah yang muncul saat menggunakan teknologi terkini. Teknologi yang lebih baru sering menuntut lebih banyak tenaga dan mereka juga melepaskan lebih banyak panas saat diimplementasikan pada motherboard sesuai dengan spesifikasi ATX sekitar 1996. Standar ATX dan standar BTX, keduanya diajukan oleh Intel. Perkembangan selanjutnya dari produk ritel BTX dibatalkan pada bulan September 2006 oleh Intel setelah menerima keputusan Intel untuk fokus lagi pada CPU dengan daya rendah setelah mengalami masalah seperti penskalaan dan thermal dengan Pentium 4.

Perusahaan pertama yang menggunakan, atau tepatnya, menerapkan BTX adalah Gateway Inc, diikuti oleh Dell dan MPC. MacPro Apple hanya menggunakan beberapa elemen sistem perancangan BTX namun tidak sesuai dengan BTX. Jenis motherboard ini memiliki beberapa perbaikan dari teknologi sebelumnya:

Low-profile - Dengan permintaan yang lebih besar untuk sistem yang lebih kecil, backplane yang didesain ulang yang mencukur beberapa inci dari persyaratan tinggi merupakan keuntungan bagi system integrator dan perusahaan yang menggunakan rack mount atau blade servers.

Desain termal - Desain BTX menyediakan jalur lurus aliran udara dengan kesulitan yang lebih rendah, yang menghasilkan kemampuan pendinginan keseluruhan yang lebih baik. Alih-alih kipas pendingin khusus, kipas besar berukuran 12 cm terpasang, yang menarik udara langsung dari luar komputer dan kemudian mendinginkan CPU melalui saluran udara. Fitur lain dari BTX adalah pemasangan vertikal motherboard di sisi kiri. Jenis fitur ini menghasilkan heat sink kartu grafis atau kipas yang menghadap ke atas, bukan ke arah kartu ekspansi yang berdekatan.

Desain struktural - Standar BTX menentukan lokasi yang berbeda untuk titik pemasangan perangkat keras dan karenanya mengurangi latensi di antara komponen utama. Hal ini juga mengurangi ketegangan fisik yang dikenakan pada motherboard oleh heat sink, kapasitor dan komponen lainnya yang berhubungan dengan regulasi listrik dan panas.

5. Motherboard Pico BTX

Pico BTX adalah faktor bentuk motherboard yang dimaksudkan untuk pembuatan standar BTX ukuran lebih kecil. Ini lebih kecil dari banyak motherboard berukuran "mikro" saat ini, maka nama "Pico" telah digunakan. Motherboard ini berbagi setengah bagian atas bersama dengan ukuran lain di garis BTX, namun keduanya hanya mendukung satu atau dua slot ekspansi, yang dirancang untuk aplikasi kartu setengah tinggi atau riser.

Pada tahap awal penggunaan, motherboard ATX dan BTX begitu analog sehingga memindahkan motherboard BTX ke kasus ATX dimungkinkan dan sebaliknya. Pada tahap selanjutnya, faktor bentuk BTX memiliki modifikasi besar yang dilakukan dengan mengubahnya menjadi gambar cermin standar ATX. Secara teknis, motherboard BTX 'kiri kanan samping' bila dibandingkan dengan ATX dan tidak terbalik seperti sebelumnya. Ini berarti mereka dipasang di sisi berlawanan dari kasus ini. Berbagai kasus komputer misalnya, Cooler Master Series (Stackers) diluncurkan untuk mendukung berbagai standar motherboard seperti ATX, BTX, Mini-ATX dan sebagainya, untuk mempermudah pengembangan motherboard tanpa membeli kasus baru; Namun, semua standar konektor dan slot identik, termasuk kartu PCI (e), prosesor, RAM, hard drive, dll.

Unit catu daya BTX dapat ditukar dengan unit ATX12V terbaru, namun tidak dengan catu daya ATX yang lebih tua yang tidak memiliki konektor 4V pin 12V ekstra.

6. Mini ITX Motherboard

Mini-ITX adalah faktor bentuk motherboard berdaya rendah berukuran 17 × 17 cm (6,7 × 6,7 in). Ini dirancang oleh VIA Technologies pada tahun 2001. Ini sebagian besar digunakan dalam sistem komputer dengan faktor bentuk kecil (SFF). Papan mini-ITX juga bisa didinginkan dengan mudah karena arsitektur konsumsi daya rendah. Arsitektur semacam itu membuat mereka sangat berguna untuk sistem home theater PC atau sistem dimana kebisingan kipas dapat mengurangi kualitas atau nilai pengalaman bioskop. Keempat lubang pemasangan pada papan Mini-ITX berbaris dengan empat lubang pada motherboard spesifikasi ATX, dan lokasi pelat belakang dan slot ekspansi sama. Meskipun, salah satu lubang yang digunakan adalah opsional di versi ATX sebelumnya. Oleh karena itu, papan Mini-ITX dapat digunakan di tempat-tempat yang dirancang untuk ATX, micro-ATX dan varian ATX lainnya jika diperlukan.

Faktor bentuk Mini-ITX memiliki lokasi untuk satu slot ekspansi, yang berkaitan dengan slot memori 33 MHz 5V 32-bit standar. Namun, seringkali desain kasus menggunakan kartu riser dan beberapa bahkan memiliki kartu riser dua slot, bahkan saat kartu riser dua slot tidak dapat digunakan dengan semua papan. Beberapa papan yang berbasis di sekitar prosesor non-x86 memiliki slot PCI 3.3V, dan papan Mini-ITX 2.0 (2008) memiliki slot PCI-express × 16. Papan seperti itu tidak digunakan dengan kartu PCI riser standar yang dilengkapi dengan kasus.

Sekarang setelah Anda tahu bagaimana memilih motherboard Anda, Anda juga bisa membangun PC impian Anda menggunakannya. Setiap PC memerlukan sistem operasi dan Anda bisa melihat posting blog yang menarik ini untuk memilih sistem operasi yang tepat untuk PC Anda. Artikel ini memberikan garis besar rinci dari dua sistem operasi terpopuler, Linux dan Windows, yang memungkinkan Anda menentukan mana yang akan melengkapi kebutuhan Anda dengan lebih baik. Namun, jika Anda ingin mempelajari lebih lanjut tentang sistem operasi ini sebelum membuat pilihan, lihat kursus online ini untuk pengenalan mendalam tentang Linux atau kursus online ini jika Anda ingin menguasai Windows 8.

Aspek penting lainnya tentang penggunaan motherboard yang tepat untuk komputer Anda adalah mempengaruhi kecepatan sistem komputer. Motherboard yang bagus, yang akan kompatibel dengan komponen sistem komputer dengan benar, akan meningkatkan kecepatan komputer, sementara motherboard yang tidak kompatibel dengan komponen sistem komputer akan berdampak negatif pada kecepatan sistem. Kursus tentang bagaimana mempercepat komputer Anda akan memberi Anda pemahaman yang lebih baik tentang peran yang dimainkan motherboard dalam kecepatan efisien dan kecepatan tinggi dalam sistem komputer dan akan memberi Anda informasi penting tentang cara meningkatkan kecepatan komputer Anda.

Itulah pengertian motherboard , bagaimana sekarang sudah paham ?


EmoticonEmoticon