Rabu, 25 Oktober 2017

Fungsi Kabel Hdmi To Vga

KAbel Vga To HDMI




Teknologi yang semakin canggih membuat kita dapat menikmati sekian banyak macam hiburan dengan mudah. Salah satu hiburan yang dapat kita nikmati ialah menonton film yang terdapat di laptop lewat televisi. Untuk melakukan hal itu juga cukup mudah, kita hanya tinggal menghubungkan dengan kabel HDMI. Jika laptop tidak suport port HDMI kita dapat menggunakan kabel converter HDMI to VGA.

Sebelum kita mengenal lebih dalam apa fungsi dari kabel vga to hdmi, kita kenali dulu apa itu VGA dan HDMI.

1. Kabel VGA


Kabel VGA


Video Graphics Array atau disingkat VGA adalahkabel yang berfungi sebagai konektor yang membawa sinyal video analog hasil pengolahan data komputer ke monitor, sehingga dapat kamu lihat. Jenis kabel VGA adalahkabel konektor yang sangat sering kamu temui pada komputer PC. Pemakaian kabel VGA biasanya digunakan pada monitor lama yang masih memakai teknologi CRT atau lebih dikenal dengan monitor tabung. Konektor VGA yang sangat umum digunakan ialah menggunakan 15 pin.

Kabel VGA itu terpasang di bagian belakang CPU komputer, terhubung dari port komputer ke port monitor, dan terletak di sebelah kiri/kanan laptop.

Pemasangan kabel VGA sangatlah mudah kamu tinggal mencolokkan kabel VGA ke port komputer, dan ujung lainnya pun di hubungkan ke port monitor yang digunakan. Penggunaan port VGA bukan hanya hanya dipakai di komputer PC dan monitor komputer tapi biasanya kita temukan pun di perangkat seperti proyektor dan TV.

2. Kabel HDMI


Kabel hdmi


High-Defenition Multimedia Interface atau disingkat “HDMI” adalah kabel konektor yang sering digunkan pada HDTV, Blue-ray player, Apple TV, komputer dan video card baru. Kabel HDMI sangat gampang dipasang sebab ukurannya yang lebih kecil. Kabel-kabel HDMI bisa menstream digital video dan audio secara bersamaan lewat kabel yang sama.

Kelebihan dari kabel HDMI ialah kemampuannya dalam mensupport hingga 1920A~1200 HD video dan 8 chanel audio. Juga bisa mensupport enkripsi HDCP pada sejumlah HD content terkini.

Fungsi Kabel Hdmi To Vga


Tidak semua komputer atau laptop suport dengan port HDMI. Banyak laptop yang masih memakai port VGA sebagai port konektor penghubung dengan media lain. Untuk menanggulangi hal tersebut, kita dapat menggunakan kabel HDMI to VGA.

Dengan kabel ini, kita dapat menghubungkan laptop ke perangkat lain yang memakai port HDMI. Lalu, apa sajakah yang kita dapatkan dengan menghubungkan perangkat ini? Berikut ini sejumlah fungsi utama atau kegunaan yang kita dapatkan dari kabel converter ini.

Menonton Film

Menonton film pasti lebih mengasyikkan jika di layar lebar. Jika malas pergi ke bioskop dan tetap ingin menikmati tayangan berbobot, berkualitas tinggi, tak butuh jauh-jauh.

Kita dapat memanfaatkan laptop dan televisi high definition di rumah. Dengan kabel converter HDMI to VGA kita dapat menonton fim-film yang terdapat di laptop kita melewati layar televisi high definition. Kabel converter ini bermanfaat menghubungkan dua perangkat ini. Kualitas layar laptop pasti tak sehebat layar televisi high definition. Oleh karenanya, menyaksikan film jauh lebih jernih lewat televisi HD dibanding laptop.

Bermain Game

Terkadang kita memerlukan layar yang lebih banyak dari laptop kita guna bermain game supaya sensasi yang diperoleh jauh lebih sempurna. Dengan kabel converter ini, kita dapat memainkan game di laptop seperti Dota, Point Blank, Counter Strike dan lain-lain melewati layar televisi. Lewat layar televisi HD, pasti sensasi gambar dan suara jauh lebih luar biasa.

Internetan Lewat TV

Dengan kabel converter ini kamu juga dapat “memindah” layar desktop laptop ke layar televisi. Dengan begitu, kita dapat internetan dengan memakai layar televisi kita. Streaming video youtube pasti lebih menyenangkan bila dinikmati dalam format HD di layar televisi.

Itu tadi sejumlah fungsi dan manfaat utama dari kabel converter HDMI to VGA. Banyak hal yang dapat dilakukan dengan kabel converter tersebut. Untuk mendapatkannya pun lumayan mudah, kita tinggal membelinya di toko-toko elektronik atau komputer terdekat.

Demikianlah artikel Fungsi Kabel HDMI To VGA, semoga bermanfaat.

1 komentar

saya di rumah pakai monitor komputer LCD yg tidak ada port HDMI untuk nonoton tv, sumber gambarnya receiver yg sudah ada port HDMI nya. apakah bisa saya nikmati kulitas HD nya?
ringkasnya; output HDMI output VGA


EmoticonEmoticon