Sabtu, 21 Oktober 2017

Pengertian Hardware ( perangkat keras komputer ) Dan Contohnya

Pada artikel sebelumnya sudah kita bahas apa yang di maksud dengan sistem operasi komputer, jenis jenis sistem operasi komputer. Pada artikel ini akan kami jelaskan apa yang di maksud dengan hardware, pengertian hardware, jenis jenis hardware.

pengertian hardware

Pengertian Hardware ( perangkat keras komputer ) Dan Contohnya


Hardware secara istilah ialah perangkat komputer yang terdiri dari rangkaian komponen-komponen elektronik yang memiliki bentuk fisik, susunan komponen itu mempunyai sifat saling berhubungan hingga menyusun sebuah mesin yang dapat dioperasikan, yang sering di sebut dengan nama komputer. Singkatnya hardware dapat ditafsirkan sebagai komponen perangkat keras penyusun suatu komputer. Adapula yang menafsirkan hardware sebagai penyokong EDPS atau Electrinic Data Proccessing System yang dapat dirasakan atau disentuh oleh alat indera.

Hardware bisa bekerja menurut intruksi yang sudah ditentukan padanya, atau yang juga disebut dengan istilah instruction set. Dengan adanya intruksi yang bisa dimengerti oleh hardware tersebut, maka hardware dapat melakukan sekian banyak pekerjaan yang sudah ditentukan oleh si pemberi perintah.

Secara fisik, Komputer terdiri dari sejumlah komponen yang merupakan suatu sistem. Sistem ialah komponen-komponen yang saling bekerja sama menyusun suatu kesatuan. Apabila di antara dari komponen tidak dapat berfungsi, maka akan menyebabkan tidak berfungsinya proses-proses yang terdapat pada komputer dengan baik. Komponen komputer ini tergolong dalam kelompok elemen perangkat keras (hardware).

Pengertian Hardware dan Contohnya


Berdasarkan fungsinya, perangkat keras (Hardware) komputer dipecah menjadi sejumlah bagian:

1. Input divice (unit masukan)
2. Process device (unit Pemrosesan)
3. Output device (unit keluaran)
4. Backing Storage ( unit penyimpanan)

Input divice (unit masukan)

Input device adalah media untuk data masukan dari luar ke dalam suatu memory serta processor untuk di terjemahkan, supaya dapat di pahami oleh sistem.

Input device alias unit masukan yang seringkali dipakai personal computer (PC) adalah keyboard serta mouse. Keyboard dan mouse adalahunit yang menghubungkan user (pemakai) dengan komputer. Tidak hanya itu, terdapat joystick, yang biasa dipakai untuk bermain games alias permainan dengan komputer. Kemudian scanner, untuk mengambil gambar sebagai potret digital yang nantinya dapat dimanipulasi. Touch panel, dengan menggunakan sentuhan jari user dapat mengerjakan sebuah proses akses masuk file. Microphone, guna merekam suara ke dalam komputer.

Data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer bisa berbentuk signal input dan maintenance input.

Signal input berbentuk data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer, sementara maintenance input berbentuk program yang dipakai untuk mengubah data yang dimasukkan.

kesimpulannya Input device disamping dipakai untuk memasukkan data, bisa juga dipakai untuk memasukkan program. Menurut sifatnya, perangkat input device bisa digolongkan menjadi dua yakni :

1). Peratalan input langsung, yakni input yang dimasukkan langsung diproses oleh perangkat pemroses.Contohnya : keyboard, mouse, touch screen, light pen, digitizer graphics tablet, scanner.

2). Peralatan input tidak langsung, yaitu input yang melewati media tertentu sebelum perangkat input diproses oleh perangkat pemroses. Seperti : punched card, disket, harddisk.

Process Device (Unit Pemrosesan)

Unit proses terdiri dari beberapa komponen yang saling berhubungan. Komponen-komponen ini yang menentukan kualitas kinerja sebuah komputer. Semua komponen ini secara fisik terpasang pada sebuah Motherboard.

Yang termasuk dala unit pemroses diantaranya :

1. Power Supplay

power supplay berfungsi mengkonversi listrik dan menyediakan aliran listrik tetap untuk dipakai komputer. Kualitas power supplay menentukan kwalitas kinerja komputer. Daya sebesar 300-400 wat yang disalurkan power supplay seringkali cukup untuk komputer yang dipakai untuk pengetikan ataupun grafik. Sementara, daya 400-500 watt diperlukan jika komputer bekerja menggunakan banyak menggunakan Periferal ( unit tambahan).

2). RAM (Random Access Memory) 

Memory RAM adalahsingkatan dari Random Access Memory seringkali disebut dengan istilah pendek yakni Memori. Memory atau RAM ialah sebuah perangkat keras komputer yang bermanfaat sebagai lokasi penyimpanan data sementara. Memory bekerja dengan menyimpan dan menyuplai data-data urgen yg diperlukan Processor dengan cepat untuk diubah menjadi informasi.

3). Kartu grafis (VGA)

Kartu grafis (VGA) ialah kartu grafis yang mempunyai fungsi memperlihatkan tampilan-tampilan di layar. Kartu grafis ini terdiri dari susunan komponen elektronik. Biasanya tertancap pada slot di papan utama CPU pada komputer. Beberapa perusahaan yang menciptakan kartu grafis familiar antara lain ialah ATI, Matrox, dan NVIDIA.

4). Processor

Processor, atau yang seringkali disebut dengan CPU, ialah otak dari komputer. Prosesor ialah perangkat keras yang bertanggung jawab dalam perhitungan kompleks yang memungkinkan komputer untuk dapat digunakan tersambung internet, memutar lagu di iTunes, dan menjalankan sistem operasi Anda.

5). Motherboard 

Motherboard atau Papan induk ialah papan sirkuit tempat sekian banyak komponen elektronik saling terhubung, motherboard biasa disingkat dengan kata mobo. Di dalam motherboard inilah perangkat keras seperti Ram, Harddisk, kartu grafis, prosesor, dan perankat keras lainnya di letakan dan di hubungkan .

Output device ( Unit keluaran )

Output device atau unit keluaran adalah perangkat keras yang digunakan untuk menampilkan atau menfsirkan informasi hasil dari inputan data dari input device dan telah melalui pemrosesan oleh unit pemroses.

Contoh output device :

1). Monitor

monitor tergolong soft-copy device, sebab keluarannya ialah berupa signal elektronik, dalam hal ini berupa gambar yang tampil di layar monitor. Gambar yang tampil ialah hasil pemrosesan data ataupun informasi masukan. Monitor memiliki sekian banyak ukuran layar seperti layaknya suatu televisi. Tiap brand dan ukuran monitor mempunyai tingkat resolusi yang berbeda. Resolusi ini lah yang bakal menilai ketajaman gambar yang dapat diperlihatkan pada layar monitor.

2). Printer

Printer adalahsebuah perangkat keras yang dihubungkan pada komputer yang bermanfaat untuk menghasilan cetakan, baik berupa artikel ataupun gambar dari komputer pada media kertas atau yang sejenisnya. Jenis printer terdapat tiga macam, yakni jenis Printer Dot metrix, printer Ink jet, dan printer Laser jet.


Backing Storage ( unit penyimpanan)

Harddisk (HDD)

Harddisk ialah salah satu perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai lokasi penyimpanan data sekunder, di dalam harddisk mengandung piringan magnetis. Harddisk pertama kali dibuat oleh insinyur IBM, yakni Reynold Johnson pada tahun 1956. Harddisk yang pun dikenal dengan nama piringan keras ini pertama kali terdiri dari 50 piringan berukuran 2 kaki atau 0,6 meter, dengan kecepatan putaran menjangkau 1.200 rpm (rotation per minute) dengan kapasitas penyimpanan 4,4 MB.

Data yang ditabung dalam harddisk tidak bakal hilang saat tidak diberi tegangan listrik. Dalam suatu harddisk, seringkali ada lebih dari satu piringan guna memperbesar kapasitas data yang bisa ditampung.

Demikianlah artikel Pengertian Hardware ( perangkat keras komputer ) Dan Contohnya, semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon