Minggu, 15 Oktober 2017

Fungsi Utama Sistem operasi Lengkap

Pada tulisan sebelumnya telah saya sampaikan pengertian sistem operasi dengan lengkap, di kesempatan ini saya akan membagikan fungsi utama sistem operasi.

Di tulisan sebelumnya sudah saya bagikan bahwa sistem operasi ialah software pada komputer yang bertanggung jawab memanajemen pernangkat keras (hardware) dan pun sebagai sistem operasi dasar, termasuk juga , menjalankan aplikasi aplikasi.

Fungsi Sistem operasi


Bisa disampaikan bahwa sistem operasi ialah software di lapisan pertama dalam menempatkan memori komputer (memori komputer yakni hardisk, bukan memori ram) di saat komputer dinyalakan. Software-sofware yang lainnya dapat dijalankan sesudah Sistem Operasi Komputer berjalan, serta mengerjakan layanan inti umum keseluruh software-software. Layanan inti umum tersebut contohnya akses ke disk, manajemen memori, skudiling task, dan antar muka user. Oleh karena itu setiap aplikasi pada komputer, tidak lagi mengerjakan tugas inti umum sebab sudah di selesaikan dan dilayani oleh Sistem Operasi.

Sistem operasi ibaratnya ialah sistem otomotif pada kendaraan bermotor laksana mobil . Sistem otomotif mengerjakan abstraksi untuk pemakai mobil terhadap pengendalian elemen-elemen mobil dengan meluangkan antar-muka laksana kemudi, pedal rem, pedal gas, stop kontak, dan gigi persneling. Pengemudi tidak butuh bertanggung jawab detil operasi unsur otomotif yang sesungguhnya, seperti memutar tuas roda, menggandakan debit pembakaran bensin, mengegesek roda dengan batalan rem. Semua detil operasi itu dikendalikan secara tidak langsung lewat antar muka semisal kemudi , pedal gas dan pedal rem. Pengemudi hanya perlu belajar bagaimana mengendarai mobil dengan memakai antar muka tersebut.

Fungsi Sistem Operasi


Dari keterangan di atas dapat kita pahami, bahwa sistem operasi paling berperan penting dalam menjalankan komputer, guna lebih lengkapnya fungsi sistem operasi sebagai berikut:

  • Komputer menjadi lebih unik dan gampang di gunakan.
  • Memungkinkan sumberdaya komputer dipakai secara efisien
  • Disusun atau diprogram guna sedemikian rupa memungkinkan menerima perubahan/pengembangan baru yang efektif dan efisien, dengan pengujian sistem tanpa mengganggu layanan yang sudah ada.

Bukan hanya itu, fungsi sistem operasi komputer dipecah dalam beberapa bagian yakni sebagai mediator, sebagai wadah, sebagai penerjemah dan lainnya.

Fungsi Umum Sistem Operasi


  • Accountant yang mana bermanfaat mengatur masa-masa CPU, pemakaian memori, pemanggilan I/O, disk storage, dan masa-masa koneksi terminal
  • Resource manager ialah pengelolaan sumber daya dan mengalokasikannya. Misalnya memori, cpu, disk drive dan perlengkapan lainnya.
  • Interface/tatap muka, yakni sebagai perantara antara pemakai dengan perangkat keras dengan meluangkan tampilan untuk pemakai yang leibh mudah dicerna dan bersahabat (user friendly).
  • Coordinator, mengkoordinasi dan menyediakan kemudahan sehingga kegiatan dapat ditata dan proses secara berurutan.
  • Guardian, merupakan menyediakan akses kontrol dengan tugas mengayomi file dan memantau data dan program
  • Gate Keeper, bermanfaat mengendalikan hak akses pemakai dalam mengendalikan yang berhak masuk ke dalam sistem dan memantau apa saja yang dilakukannya.
  • Optimizer ialah sebagai penjadwal masukan (input) oleh user, pengaksesan basis data, proses komputasi dan pemakainnya.
  • Server bermanfaat untuk melayani pemakai komputer.

Demikianlah fungsi sistem operasi komputer lengkap, semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon