Jumat, 03 November 2017

Pengertian Printer Dan Fungsinya

Pengertian Printer Dan Fungsinya - Printer adalah perangkat yang menerima output teks dan grafik dari komputer dan mentransfer informasi ke kertas, biasanya ke lembar ukuran standar kertas. Printer bervariasi dalam ukuran, kecepatan, kecanggihan, dan biaya. Secara umum, printer yang lebih mahal digunakan untuk pencetakan warna dengan resolusi lebih tinggi.

Pengertian Printer Dan Fungsinya




Printer dapat dibagi menjadi dua kategori utama: Impact dan Non Impact

1. Impact printer  adalah jenis printer yang memaksa print heads untuk mentransfer tinta ke media cetak dengan cara print heads menekan tinta sampai menyentuh kertas, mirip dengan cara kerja mesin tik. Impact printer menggunakan print heads yang berisi sejumlah pin metal. Beberapa print heads hanya memiliki 9 pin untuk menghasilkan titik – titik yang akan membentuk karakter. Dan sebagian printer memiliki 24 pin untuk menghasilkan resolusi yang lebih baik. Selain itu jenis printer ini terbatas pada pencetakkannya yang bersifat monochrome dengan huruf tunggal pada setiap waktu cetak.

2. Printer Non-Impact adalah printer yang proses pencetakannya menyentuh langsung kertas. Printer yang termasuk Non impact  sebagai berikut : Inkjet Printer, Laser Printer, Solid Ink Printers, Dye Sublimation Printers, Thermal Wax Printers, Thermal Autochrome Printers, Plotter.

Jenis printer


Berikut adalah daftar semua jenis printer komputer. Saat ini, printer yang paling umum digunakan dengan komputer adalah printer Inkjet dan Laser.

  • Printer 3D
  • All-in-one (AIO) printer
  • Printer dot matrix
  • Printer inkjet
  • Printer laser
  • Printer LED
  • Printer multifungsi (MFP)
  • Plotter
  • Printer termal


Koneksi Printer


Ada beberapa cara berbeda yang dapat dihubungkan oleh printer dan berkomunikasi dengan komputer Saat ini, jenis koneksi yang paling umum adalah dengan kabel USB atau melalui Wi-Fi . Berikut adalah daftar lengkap kabel dan antarmuka yang digunakan untuk menghubungkan komputer ke printer.

  • Cat5
  • Firewire
  • MPP-1150
  • Port paralel
  • SCSI
  • Port serial
  • USB
  • Wifi


Sejarah Berbagai Printer Dan Cara Kerjanya


1. Printer mekanis

Printer mekanik pertama ditemukan oleh Charles Babbage , untuk digunakan dengan Mesin Difference , yang dikembangkan Babbage pada tahun 1822. Printer Babbage menggunakan batang logam dengan karakter tercetak pada setiap batang untuk mencetak teks pada gulungan kertas yang melalui perangkat.

2. Printer dot matrix

Printer dot matrix pertama diciptakan oleh IBM pada tahun 1957 . Namun, printer matrix matrix pertama diperkenalkan oleh Centronics pada tahun 1970 . Untuk membuat huruf dan gambar, print head, yang berisi pin, berada di atas pita tinta. Pita ini terletak tepat di atas selembar kertas. Saat print head bergerak melintasi pita (biasanya secara horizontal ), pin ditekan ke pita untuk menanamkan tinta ke halaman (mirip dengan mesin tik ). Saat pin ini mencetak serangkaian titik, Anda dapat melihat di mana printer ini mendapatkan tulisannya.

3. Printer inkjet

Sementara printer inkjet mulai dikembangkan pada akhir 1950-an, baru pada akhir 1970an mereka bisa mereproduksi gambar digital yang layak. Printer inkjet berkualitas tinggi ini dikembangkan oleh beberapa perusahaan, termasuk Canon , Epson , dan Hewlett-Packard . Printer inkjet mirip dengan printer dot matrix karena gambar yang mereka buat terdiri dari titik-titik. Namun, titik pada printer inkjet ditembakkan ke halaman daripada menggunakan pita dan pin. Selanjutnya, titik printer inkjet jauh lebih kecil, dan kecepatan cetak mereka lebih cepat.

4. Printer laser

Pada awal 1970-an, Gary Starkweather menemukan printer laser saat bekerja di Xerox dengan memodifikasi salah satu mesin fotokopi 7000 mode mereka. Namun, baru pada tahun 1984 ketika Hewlett-Packard memperkenalkan HP LaserJet bahwa printer laser menjadi lebih banyak tersedia dan terjangkau. Tahun berikutnya, Apple memperkenalkan Apple LaserWriter, yang memperkenalkan teknologi PostScript ke pasar printer. Printer laser lebih kompleks dari pada pendahulunya.

5. Printer 3D

Printer 3D diciptakan oleh Chuck Hull pada tahun 1984 . Printer 3D bekerja dengan mengambil cetak biru digital dari sebuah benda dan mereproduksinya dari lapisan demi lapis menggunakan berbagai bahan seperti campuran plastik dan logam.

Demikianlah Pengertian Printer Dan Fungsinya, semoga bermanfaat bagi anda yang sedang mencari informasi printer.


EmoticonEmoticon