Sabtu, 04 November 2017

Pengertian Jaringan Komputer Dan Manfaat Jaringan Komputer

Pengertian Jaringan Komputer - Jaringan komputer ialah sekelompok sistem komputer dan perangkat keras komputasi lainnya yang dihubungkan bareng melalui jalur komunikasi untuk memfasilitasi komunikasi dan pembagian sumber daya di antara sekian banyak pemakai. Jaringan lazimnya dikategorikan menurut karakteristiknya.

Pengertian Jaringan Komputer Manfaat Jaringan Komputer



Pengertian Jaringan Komputer
Pengertian Jaringan Komputer 

Berbicara mengenai manfaat dari jaringan komputer. Terdapat banyak sekali kegunaan jaringan komputer, antara lain :

  • Dengan jaringan komputer, kita dapat mengakses file yang kita miliki sekaligus file orang lain yang sudah diseberluaskan melewati suatu jaringan, seperti jaringan internet.
  • Melalui jaringan komputer, kita dapat melakukan proses ekspedisi data secara cepat dan efisien.
  • Jaringan komputer menolong seseorang bersangkutan dengan orang lain dari sekian banyak negara dengan mudah.
  • Di samping itu, pemakai pun dapat mengirim teks, gambar, audio, maupun video secara real time dengan pertolongan jaringan komputer.
  • Kita bisa mengakses berita atau informasi dengan mudah melewati internet disebabkan internet adalah salah satu contoh jaringan komputer.
  • Misalkan dalam sebuah kantor membutuhkan printer, anda tidak perlu melakukan pembelian printer sebanyak dengan komputer yang ada pada kantor tersebut. Kita hanya membeli satu printer saja untuk dipakai oleh seluruh karyawan kantor itu dengan pertolongan jaringan komputer.


Jenis - Jenis Jaringan Komputer


1. Berdasarkan Letak Geografisnya Atau Jangkauan


a. LAN ( Local Area Network )
Sebuah jaringan yang mencakup wilayah kecil, seperti jaringan komputer yang berada dilingkup sekolah, kampus atau kantor.

b. MAN ( Metropolitan Area Network )
Merupakan suatu jaringan yang mencakup satu kota dengan kecepatan transfer data tinggi yang menghubungkan sejumlah kantor namun masih dalam satu distrik kota.

c.WAN ( Wide Area Network )
Merupakan jaringan komputer yang mencakup area yang luas, salah satu misal dari WAN ialah jaringan antar wilayah, daerah, kota atau dapat jadi antar negara.

Untuk lebih jelas tentang jenis jaringan ini, Komputer Jagat bakal mengulasnya dalam tulisan selanjutnya

2. Berdasarkan Distribusi Sumber Informasi/ Data


1. Jaringan Terpusat
Maksud dari jaringan terpusat disini ialah jaringan yang terdiri dari komputer client dan komputer server dimana komputer client bertugas sebagai perantara dalam mengakses sumber informasi/ data yang berasal dari komputer server. Dalam jaringan terpusat, ada istilah dumb terminal (terminal bisu), dimana terminal ini tidak mempunyai alat pemroses data.

2. Jaringan Terdistribusi
Jaringan ini adalahhasil perpaduan dari sejumlah jaringan terpusat sampai-sampai memungkinkan sejumlah komputer server dan client yang saling terhubung menyusun suatu sistem jaringan tertentu.

Jaringan komputer menurut fungsinya


1. Client - Server
Merupakan jaringan komputer yang diutamakan sebagai client dan server, layanan ini dapat diberikan oleh 1 atau lebih komputer.

2. Peer-to-Peer
Merupakan jaringan komputer yang masing-masing host nya bisa menjadi suatu server atau menjadi client secara bersamaan.

Berdasarkan Media Transmisi Data yang Digunakan


1. Jaringan Berkabel (Wired Network)
Media transmisi data yang dipakai dalam jaringan ini berupa kabel. Kabel tersebut dipakai untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer lainnya supaya bisa saling bertukar informasi/ data atau terhubung dengan internet. Salah satu media transmisi yang dipakai dalam wired network ialah kabel UTP.

2. Jaringan Nirkabel (Wireless Network)
Dalam jaringan ini dibutuhkan gelombang elektromagnetik sebagai media transmisi datanya. Berbeda dengan jaringan berkabel (wired network), jaringan ini tidak memakai kabel sebagai alat bertukar informasi/ data dengan komputer lain tetapi menggunakan gelombang elektromagnetik untuk mengantarkan sinyal informasi/ data antar komputer satu dengan komputer lainnya. Wireless adapter, salah satu

Jaringan komputer menurut topologi


1. Topologi Bus
2. Topologi Ring
3. Topologi Tree
4. Topologi Mesh
5. Topologi Linier


Topologi jaringan komputer adalahbentuk/ struktur jaringan yang menghubungkan komputer satu dengan yang lain. Untuk ulasan lebih detail tentang topologi jaringan, silakan baca tulisan macam-macam topologi jaringan komputer yang pernah saya tulis sebelumnya.

Demikianlah artikel mengenai Pengertian Jaringan Komputer Dan Manfaat Jaringan Komputer, Semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon