Sabtu, 04 November 2017

Pengertian Heatsink Dan Fungsinya

Pengertian Heatsink Dan Fungsinya   - Di dalam perangkat komputer, heatsink adalahperangkat yang mesti ada. Jadi tak usah heran andai pada komputer desktop atau juga laptop, semuanya terpasang heatsink yang kerap kali menempel di atas processor.

Alat ini sangatlah penting, sebab tanpanya suatu komputer atau laptop tidak akan dapat untuk hidup berlama-lama. Nah, sebetulnya apakah heatsink tersebut dan apa fungsinya?

Pengertian Heatsink Dan Fungsinya 


heatsink
Pengertian Heatsink


Heatsink adalah komponen yang dipakai pada komputer maupun laptop yang mempunyai fungsi utama untuk mendinginkan komponen tertentu yang berjuang untuk dilindungi. Heatsink adalahalat pengendali panas pasif yang menyerap panas yang dipancarkan atau didapatkan oleh komponen elektronik kemudian dialihkan ke media fluida di sekitarnya, dapat berupa udara maupun cairan. Umumnnya heatsink pun dilengkapi dengan kipas untuk membantu proses pendinginan.

Komponen pada komputer dan laptop yang lazimnya dilengkapi heatsink ialah processor (CPU) dan kartu grafis (VGA). Namun pada komputer-komputer spesifikasi tinggi / server, sering kali pemakai pun menambahkan heatsink pada bridge dan RAM.

FUNGSI HEATSINK FAN


Fungsi utama dari heatsink fan ini ialah sebagai perangkat keras komputer yang dipakai untuk membantu meringankan proses dari Processor agar tidak terlampau menahan terlalu banyak beban panas. Proses ini juga dengan jelas dapat kita logika kan andai suatu permukaan yang dipakai sebagai media eksodus panas itu semakin luas maka bakal semakin cepat juga proses pendinginan pada sebuah komputer.

Bentuk Heatsink


heatsink Laptop
Bentuk Heatsink Laptop


Bentuk desain heatsink tersebut berbeda-beda. Bentuk heatsink untuk laptop dan komputer desktop tidaklah sama. Bahkan sesama laptop sendiri jika lain brand dan tipe, format heatsinknya telah berbeda. Begitu pun pada komputer desktop. Bahkan untuk model heatsink tersebut sendiri, masing-masing tahunnya tidak jarang kali ada perubahan.

Bahan Heatsink


Bahan yang sangat sering dipakai untuk penciptaan heatsink ini ialah tembaga dan alumunium. Tentu terdapat alasannya, sebab campuran kedua bahan ini ialah sangat baik guna menyerap panas dan mendinginkannya.

Bahan tembaga mempunyai konduktifitas tinggi, atau bahan yang bagus guna menghantarkan panas. Namun, tembaga tidak dapat melepaskan panas dengan cepat andai dibanding alumunium.

Sedangkan alumunium, bahan ini mempunyai sifat menyerap panas yang lebih rendah dari tembaga, tetapi ia lebih cepat untuk melepas panas yang diserapnya.

Oleh karena itu dari kelemahan dan keunggulannya masing-masing, saya meihat ada sejumlah heatsink yang diciptakan atas campuran dari dua bahan tersebut. Tentunya kinerja yang didapatkan lebih baik, sebab mengambil keunggulan tembaga yang cepat menyerap panas, dan keunggulan alumunium yang cepat mendinginkan panas.

Contohnya heatsink Laptop. Penghantar panasnya memakai tembaga, sementara yang dipakai untuk menenangkan panasnya dari bahan alumunium.


Nah, setelah memahami pengertian, serta fungsi dan bahan-bahan dari heatsink, sekarang saatnya kita mengetahui cara kerjanya. Sebenarnya bagaimana cara kerja heatsink itu?

Cara Kerja Heatsink


heatsink
Heaatsink VGA


Cara kerja Heatsink dipisahkan menjadi 2 jenis, yakni active heatsink dan passive heatsink.

Mungkin kita sekalian sudah dapat menerka-nerka kira-kira apa itu active heatsink dan passive heatsink. Namun supaya tidak salah paham sebab mengartikan sendiri, dan untuk memperkaya pengetahuan di dunia komputer, ayo kita simak uraian berikut.

Heatsink pada dasarnya bekerja dengan teknik memindahkan panas dari komponen komputer tertentu seperti CPU dan VGA ke udara bebas. Dengan terbebasnya panas dari komponen-komponen tersebut, maka kinerjanya pun bakal optimal. Proses pemindahan panas ini merealisasikan prinsip ilmu fisik, dimana panas dapat dipindahkan melewati 3 cara: konveksi, radiasi, dan konduksi. Heatsink bekerja dengan mengombinasikan cara konduksi dan konveksi.

Umumnya heatsink adalahserangkaian komponen yang terdiri dari logam dan kipas. Logam dipakai karena memiliki konduktvitas termal yang tinggi. Melalui logam berikut panas pada CPU dan VGA dialihkan ke logam dengan cara konduksi. Kemudian panas yang terdapat pada logam heatsink ini dilemparkan ke udara memakai kipas heatsink. Atau dapat juga dialihkan ke cairan dingin andai medium yang dipakai heatsink berbentuk cair.

Kalau kita merakit komputer, kita akan gampang mengidentifikasi heatsink ini pada CPU dan VGA. Pada VGA seringkali terpasang logam-logam yang begitu banyak. Semakin tinggi keterampilan VGA Anda, logam-logam yang menempel di sana bakal terlihat semakin gagah dan mengerikan. Ini disebabkan panas yang dihasikan lumayan besar guna processing grafik kualitas tinggi. Sepintas andai Anda melihat heatsink pada VGA yang beredar di pasaran, yang didedikasikakn untuk para gamer, memiliki heatsink yang spektakuler.

Di samping logam-logam tersebut, heatsink VGA umumnya pun dilengkapi dengan kipas yang telah menempel langsung pada heatsink tersebut. Heatsink dengan kipas ini dinamakan sebagai passive heatsink. Disebut passive sebab kipas pada heatsink jenis ini langsung terkoneksi pada susunan besi heatsink-nya.

Berbeda dengan heatsink pada VGA, heatsink pada CPU tidak mempunyai kipas yang terintegrasi secara langsung dengan CPU. Kalau kita membuka CPU dari komputer, akan didapati CPU di bawah susunan heatsink yang menyeluruh dengan kipasnya. Jika kita buka heatsink itu Anda bakal mendapati CPU Anda dibentengi oleh pasta. Pasta ini pun adalahmedia heatsink, dimana tergolong media cair. Panas yang didapatkan dari CPU bakal ditransfer ke pasta CPU itu dan lantas diteruskan pada logam heatsink yang terdapat di atasnya.

Kipas yang terintegrasi dengan logam heatsink pun akan menolong mendinginkan melewati prinsip konveksi udara. Heatsink seperti yang terdapat pada CPU ini dinamakan sebagai active heatsink sebab kipas yang terdapat pada susunan kompenen heatsink tidak terintegrasi secara langsung pada perangkat yang didinginkan, yakni CPU. Di samping itu bertolak belakang dengan heatsink pada VGA, heatsink pada CPU ini mempunyai kipas yang menemukan daya dari koneksi motherboard atau disebutkan tidak mendapat daya melewati CPU.

Demikianlah Pengertian Heatsink Dan Fungsinya , semoga dapat membantu anda dalam mendalami dasar dasar komputer.


EmoticonEmoticon